Harga Tiket dan Pembagian Kelas Kereta Api Indonesia

Kereta api menjadi transportasi yang dari dulu hingga sekarang menjadi pilihan bagi banyak orang. Bukan tanpa alasan, kereta api menjadi pilihan khususnya masyarakat Indonesia di era sekarang karena harga tiketnya yang terjangkau dan juga fasilitas dari tiap kelas yang sudah makin baik. Harga tiket kereta api untuk sekarang ini beragam yang artinya disesuaikan dengan pilihan pemesanan kelas kereta api dan juga tujuan. Apa yang dimaksud dengan kelas dalam kereta api? Kelas yang dimaksud disini adalah jenis kereta yang dibedakan berdasarkan harga tiket dan juga layanan yang disediakan.

Ada 3 jenis kelas dalam kereta api Indonesia yaitu kelas ekonomi, kelas bisnis dan juga kelas eksekutif yang dimana dari 3 jenis kelas tersebut memiliki perbedaan fasilitas, pelayanan dan juga harga tiketnya. Saat melakukan pemesanan atau pembelian tiket kereta api di stasiun maupun di minimarket atau website secara online maka para calon penumpang akan diminta untuk memilih kelas kereta yang akan digunakan baik ekonomi, bisnis, ataupun eksekutif sesuai dengan keinginan. Bagi yang belum paham berikut akan dijelaskan tentang pembagian kelas kereta api beserta pelayanan dan harga tiketnya.

Kereta Api Kelas Ekonomi

Kereta api kelas ekonomi merupakan jenis kelas pertama yang dimana sesuai dengan namanya jenis kereta ekonomi memiliki harga tiket yang paling murah, paling ekonomis dibandingkan jenis kelas lainnya. Harga tiket kereta api ekonomi menjadi yang paling terjangkau diantara yang lainnya hal itu membuat jenis kelas yang satu ini menjadi salah satu pilihan yang banyak diminati. Harga tiket kereta api ekonomi untuk sekarang ini dimulai dari harga tiket yang paling murah yaitu Rp.50.000 hingga Rp. 350.000 yang dimana semuanya disesuaikan dengan tujuannya. Semakin jauh tujuannya maka biayanya juga semakin tinggi hal itu berlaku untuk semua kelas.

 

Memang harga tiket untuk kereta api ekonomi adalah yang paling murah namun soal pelayanan dan juga fasilitas jenis kelas ekonomi adalah yang paling rendah. Pelayanan dan fasilitas di kelas ekonomi memang yang terendah namun semakin majunya perkembangan perkeretaapian Indonesia walaupun fasilitasnya paling rendah namun kelas ekonomi tetap menyediakan layanan dan fasilitas yang nyaman bagi para penggunanya. Terbukti dengan adanya fasilitas AC, fasilitas colokan listrik, bantal, selimut, dan juga fasilitas lainnya membuat kelas ekonomi sudah cukup nyaman untuk saat ini.

 

Walaupun juga masih ada beberapa kekurangan di kelas ini seperti posisi tempat duduk yang saling berhadapan, hingga kursi yang tak bisa diubah sesuai dengan keinginan hingga jadwal perjalanan yang lebih lama. Namun bagi para penumpang kelas ekonomi kekurangan tersebut tidak pernah dihiraukan karena memang kebanyakan dari penumpang kereta api kelas ekonomi hanya mencari harga tiketnya yang murah dan lebih terjangkau. Jenis kelas ekonomi adalah jenis yang paling banyak dicari dan yang paling banyak habis ketika memasuki masa libur panjang dan musim mudik lebaran.

Kereta Api Kelas Bisnis

Kereta api kelas kedua adalah kelas bisnis yang dimana kedudukannya berada di atas kelas ekonomi dan dibawah kelas eksekutif. Kereta api kelas bisnis memiliki harga tiket yang dimulai dari kisaran Rp. 100.000 hingga Rp 400.000 yang tentu disesuaikan dengan jadwal perjalanan dan juga layanan lainnya. Harga tiket kereta api jenis kelas bisnis memang sebenarnya tidak jauh berbeda dengan kelas ekonomi maka dari itu kelas bisnis biasanya dijadikan sebagai pilihan kedua jika tiket kelas ekonomi habis. Tiket kereta jenis bisnis juga memiliki harga yang mampu bersaing dengan tiket ekonomi hal itu membuatnya termasuk kelas yang banyak dicari di Indonesia.

 

Sudah tentu dengan posisi kelasnya yang berada di atas kelas ekonomi dan dibawah kelas eksekutif membuat kelas bisnis memiliki kualitas fasilitas yang berada di tengah-tengah artinya lebih baik dari kelas ekonomi dan sedikit kurang dari kelas eksekutif. Meskipun demikian fasilitas kelas ekonomi dan kelas bisnis hampir sama seperti adanya AC, disediakan bantal dan selimut serta colokan listrik namun yang membedakan adalah formasi tempat duduknya yang dimana pada kelas bisnis formasi tempat duduknya terdiri dari 2-2 dan juga kursi dari kelas bisnis didesain lebih nyaman dibanding kelas ekonomi. Dengan kondisi formasi tempat duduk tersebut dan juga desain kursi yang lebih nyaman membuat kelas bisnis memiliki fasilitas, pelayanan dan kenyamanan sedikit diatas kelas ekonomi.

 

Untuk durasi perjalanannya sendiri kelas bisnis lebih cepat dibandingkan dengan kelas ekonomi yang artinya hal ini termasuk kedalam salah satu keunggulan kelas bisnis dibandingkan kelas ekonomi. Tiket kereta api jenis ini juga cepat habis apalagi ketika menjelang hari raya lebaran tepatnya musim mudik dan juga musim libur panjang lainnya.

Kereta Api Kelas Eksekutif

Jenis kelas kereta api terakhir atau yang paling tinggi adalah jenis kelas eksekutif yang dimana posisinya berada di atas kelas ekonomi dan kelas bisnis baik dari segi fasilitas dan layanan hingga harga tiketnya yang tentu lebih mahal. Jenis kelas eksekutif biasanya dipilih untuk mencari kenyamanan dan juga durasi perjalanan yang cepat. Banyak dari pengguna kereta api kelas eksekutif yang memang ingin sampai ke tujuan dengan cepat karena kereta kelas eksekutif tidak berhenti disetiap stasiun tidak seperti kereta api kelas ekonomi dan bisnis. Dengan adanya hal itu membuat durasi perjalanan terpangkas dan semakin cepat untuk sampai ke tujuan.

 

Harga tiket kereta api jenis kelas eksekutif merupakan yang paling tinggi dibandingkan yang lainnya. Harga tiketnya sendiri dimulai dari Rp.200.000 hingga Rp. 550.0000 sesuai dengan rute perjalanan yang dimana semakin jauh perjalanan semakin besar biayanya. Dengan harga tiket yang ditawarkan tersebut sebenarnya memang tidak terlalu mahal untuk sekelas kereta eksekutif yang dimana terdapat banyak keunggulan mulai dari fasilitas hingga pelayanan dibandingkan dengan kelas lainnya.

 

Kereta api jenis eksekutif memiliki keunggulan berupa fasilitasnya yang lebih mumpuni yang dimana formasi tempat duduknya 2-2 dan juga setiap tempat duduk bisa diatur sesuai dengan keinginan. Selain itu juga di tempat duduk masing-masing memiliki sebuah pijakan yang dapat membuat kaki tidak pegal dan tentunya hal ini menambah kenyamanan tersendiri. Selain itu fasilitas seperti AC, bantal, selimut dan colokan listrik tetaplah ada dan tentu kualitasnya lebih baik. Adapun biasanya letak dari gerbong kelas eksekutif berada di tengah dekat dengan layanan penyedia makanan yang artinya di kelas eksekutif lebih mudah untuk membeli atau memesan makanan dan snack.

 

Kereta api jenis eksekutif sering digunakan untuk media transportasi liburan yang dimana memang kenyamanan serta pelayanannya yang lebih baik dari kelas ekonomi dan bisnis. Soal tiket sendiri kelas ekonomi merupakan kelas dengan jumlah penjualan tiket yang lebih rendah dibandingkan dengan dua kelas lainnya yaitu kelas ekonomi dan bisnis. Tiket kereta api kelas eksekutif menjadi yang tidak sering dicari oleh para calon penumpang karena memang tiket ekonomi dan bisnislah yang terlebih dahulu dicari.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *